top of page
Blog: Blog2
Search
  • Admin Ganteng

Yu Cari Tahu Apa Itu Programmer dan Prospek Kerjanya di Indonesia

Perkembangan teknologi di tengah masyarakat kini kian pesat serta menjadi bagian yang sangat penting. Bahkan, bisa dikatakan bahwa perkembangan Teknologi Internasional mampu menjadi tonggak perubahan pada beragam aspek sosial masyarakat. Salah satu buktinya adalah teknologi ponsel telah mampu mengeliminasi fungsi dari kamera, recorder, video player, album foto, surat, bahkan pasar dan mall.




Salah satu profesi yang erat terkait dengan perkembangan teknologi informasi adalah programmer. Kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu Programmer dan bagaimana potensi profesi Programmer di Indonesia.


Pengertian Dari Programmer


Sesuai namanya, Programmer adalah orang yang melakukan programming. Berbagai aplikasi pada teknologi informasi, baik komputer, internet, aplikasi android, ios dan lain sebagainya, dijalankan sesuai program yang diberikan.


Program tersebut berupa berbagai bahasa pemrograman yang diterapkan sesuai fungsi dan kebutuhan setiap program. Orang yang menuliskan dan merancang berbagai bahasa pemograman itulah yang disebut dengan Programmer.


Kapan Programmer Dibutuhkan?


Setelah mengetahui apa itu Programmer, kamu mungkin bertanya-tanya, jadi, kapan profesi Programmer ini dibutuhkan?


Programmer akan selalu dibutuhkan selama teknologi informasi masih digunakan dan dibutuhkan. Namun, demikian, teknologi informasi merupakan salah satu bentuk teknologi yang berkembang paling pesat dan cepat.


Oleh karena itu, wajib bagi seorang Programmer untuk bisa terus berkembang dan melakukan gebrakan agar dapat menghasilkan penemuan-penemuan. Bluetooth, Java, Android, Game Online, Anti Virus, Sistem Operasional merupakan sebagian saja hasil kerja dari seorang Programmer.


Potensi Profesi Programmer di Indonesia




Melihat perkembangan Teknologi Informatika yang kian pesat, bisa dikatakan bahwa potensi profesi Programmer di Indonesia masih sangat bagus. Kebutuhan akan Programmer kian banyak karena semakin banyak juga perusahaan yang menyadari kebutuhan untuk memanfaatkan teknologi sangatlah penting.


Apalagi, semakin banyak start-up berbasis online yang berdiri di Indonesia. Kamu pasti menyadari, bahwa semakin banyak bidang yang dalam operasional serta pelayanannya lebih mengandalkan teknologi online.


Hampir semua perusahaan seperti di situs Ilmubacklink.com membutuhkan Programmer. Karena pekerjaan Programmer yang luas, bisa digunakan dan diterapkan pada berbagai bidang. Programmer jelas dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak secara online seperti misalnya:

  • Perusahaan jasa keuangan online (fintech)

  • Toko online atau platform marketplace

  • Media berita online

  • pengembang aplikasi literasi online ( aplikasi baca novel dan buku-buku online)

  • Pengembang aplikasi Android

  • game online

  • Jasa konsultasi online

  • Belajar Online, dan lain sebagainya.

Tidak akan terhitung banyaknya jenis bidang pekerjaan yang membutuhkan seorang Programmer. Lebih jauh lagi, Programmer pun dibutuhkan untuk perusahaan yang bergerak secara offline. Seperti misalnya aplikasi kasir untuk supermarket, aplikasi antivirus untuk perlindungan software, program untuk absensi karyawan, CCTV, dan masih banyak yang lainnya.


Nah, setelah semua pemaparan di atas, tentunya kamu sudah mengerti apa itu Programmer dan bagaimana potensi profesi Programmer di Indonesia. Mengingat sudah semakin banyak perusahaan start up yang sukses dengan memanfaatkan internet, sebaiknya kamu jangan ragu kalau ingin menekuni profesi Programmer. Selain bekerja untuk orang lain, siapa tahu kamu juga bisa mengembangkan sebuah program yang bisa membuat kamu jadi milyuner masa depan seperti Nadiem Makarim atau Belva Devara, atau lebih jauh lagi, seperti Bill Gates dan Mark Zuckenberg.

20 views1 comment
bottom of page